SUDAH PELATIHAN DI JOGJA BELUM ? SEGERA DAFTAR DISINI..
Penginderaan jauh semakin penting dan bermanfaat

informasi seputar Bimtek dan Pelatihan Terbaru 2017 untuk instansi Pemerintah dan Swasta

Kamis, 22 Oktober 2015

Penginderaan jauh semakin penting dan bermanfaat

Penginderaan jauh semakin penting dan bermanfaat

Penginderaan jauh semakin penting dan bermanfaat apalagi  di era sekarang dengan berbagai problema yang ada. Dan keberadaan  penginderaan jauh sangat penting khususnya dalam hal untuk mengumpulkan data sumber daya alam dan lingkungan. Penginderaan jauh makin banyak dimanfaatkan karena berbagai macam alasan seperti Citra dapat dibuat secara cepat meskipun pada daerah yang sulit ditempuh melalui daratan, contohnya hutan, rawa dan pegunungan.
Pengertian penginderaan jauh 

Penginderaan+Jauh


Penginderaan jauh adalah tekhnik dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu sasaran/objek, wilayah atau fenomena dengan menganalisa data yang diperoleh dari alat, tanpa menyentuh/kontak langsung dengan objek, wilayah atau fenomena yang dikaji.


Objek yang diambil berupa gejala di permukaan bumi atau ruang angkasa terbatas pada objek yang tampak, yaitu objek permukaan bumi (atmosfer, biosfer, hodrosfer dan litosfer) yang tidak terlindungi oleh objek lain.

Sedangkan  Pengertian penginderaan jauh menurut para ahli 


Lindgren
Penginderaan jauh adalah tekhnik yang digunakan untuk memperoleh dan menganalisis tentang bumi.


Welson dan Bufon
Penginderaan jarak jauh adalah suatu ilmu, seni, dan tekhnik untuk memperoleh informasi tentang objek, area dan gejala dengan menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek area dan gejala tersebut.


Lillesand and Keifer
Penginderaan jauh adalah ilmu atau tekhnik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek, wilayah atau gejala dengan cara menganalisis data-data yang diperoleh dengan suatu alat, tanpa hubungan langsung dengan objek wilayah atau gejala yang dikaji.


Komponen penginderaan jauh

komponen+penginderaan

Ada enam ( 6 ) komponen penginderaan jauh, yaitu :


1.    Sistem Tenaga
2.    Atmosfer
3.    Interaksi Antara Tenaga dan Objek

4.    Wahana dan Sensor
5.    Perolehan Data

6.    Pengguna Data
Kemudian apa manfaat penginderaan jauh ? 

manfaat+penginderaan


Inilah bagian penting yang harus diketahui apa saja Manfaat Penginderaan Jauh. Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh tentu sangat diharapkan semakin populer ilmu ini.


Tujuan utama dari penginderaan jauh adalah untuk mengumpulkan data sumber daya alam dan lingkungan. Penginderaan jauh makin banyak dimanfaatkan karena berbagai macam alasan sebagai berikut :


•    Citra dapat dibuat secara cepat meskipun pada daerah yang sulit ditempuh melalui daratan, contohnya hutan, rawa danpegunungan.

•    Citra menggambarkan obyek dipermukaan bumi dengan wujud dan letak objek mirip dengan sebenarnya, gambar relatif lengkap, liputan daerah yang luas dan sifat gambar yang permanen


•    Citra tertentu dapat memberikan gambar tiga dimensi jika dilihat dengan menggunakan stereoskop. Gambar tiga dimensi itu sangat menguntungkan karena menjyajikan model obyek yang jelas, relief lebih jelas, memungkinkan pengukuran beda tinggi, pengukuran lereng dan pengukuran volume.


•    Citra dapat menggambarkan  benda yang tidak tampak sehingga dimungkinkan pengenalan obyeknya. Sebagai contoh adalah terjadinya kebocoran pipa bawah tanah.


•    Citra sebagai satu-satunya cara untuk pemetaan daerah bencana.



Kaitan antara Penginderaan jauh dengan Sistem Informasi Geografis.


Penginderaan jauh saling berkait dengan Sistem Informasi Geografis. Setelah diatas sudah mengetahui pengertian  dari penginderaan jauh, maka kali ini gantian menjelaskan apa sih Sistem Informasi Geografis itu ? 


Sistem Informasi Geografis  atau bahasa inggrisnya Geographic Information System dan disingkat GIS adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis,

Hasil Penginderaan Jauh 

hasil+penginderaan+jauh

Proses  Penginderaan Jauh memberikan output atau hasil yang dinamakan CITRA.
CITRA adalah gambaran yang tampak dari suatu obyek yang sedang diamati sebagai hasil liputan atau rekaman oleh suatu alat pemantau.


Ada 2 macam CITRA , yaitu : 


1.    CITRA FOTO
Adalah gambar yang dihasilkan dengan menggunakan sensor kamera yang dipasang pada pesawat udara.


2.    CITRA NON FOTO
Adalah gambaran suatu obyek yang dihasilkan oleh sensor bukan kamera yang dipasang pada satelit.


Manfaat Penginderaan Jauh untuk tata guna lahan

a.    Untuk Pemetaan Penggunaan Lahan
b.    Untuk   Penentuan Arahan Lahan
c.    Penggunaan Lahan Pertanian
d.    Penggunaan Lahan Kehutanan
e.    Penggunaan Lahan  Perkebunan

Manfaat penginderaan jauh untuk pengembangan jaringan transportasi 



  • Sangat membantu untuk proses perencanaan seperti peta detail jaringan pelayanan transportasi (trayek, trase, jalur, alur).
  • perencanaan struktur tataran transportasi berdasarkan skala pelayanan, Masterplan/Siteplan, Detail Engineering Design dan Landscape, identifikasi dan inventarisasi kawasan prasarana perhubungan dan komunikasi, pemetaan infrastuktur.
  • Untuk akurasi kontruksi pembangunan, citra satelit dapat digunakan untuk design dan perencanaan tapak konstruksi, desain dan perencanaan landscape konstruksi, perbaikan proses desain serta memonitoring proses konstruksi.

Demikianlah apa yang bisa tim bimtekpelatihan bagikan mengenai hal - hal yang berkaitan dengan Penginderaan jauh. Semoga bermanfaat

Penginderaan+Jauh





Penginderaan jauh semakin penting dan bermanfaat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: info bimtek

0 komentar:

Posting Komentar